Minggu, 22 Juli 2018

Bahagiaku Meraih Kesuksesan

Post oleh : KKN104 | Rilis : Juli 22, 2018 | Series :
(TK Raudlotul Muta’alimin)
Pembentukan karakter adalah adalah salah satu pendidikan yang harus diberikan kepada anak sejak usia dini. Usia tersebut merupakan masa-masa emas dan begitu rentan yaitu usia 0-4 tahun. Sehingga setiap anak berhak mendapatkan pendidikan. Saat ini para orang tua sudah terlihat peduli dengan pendidikan anaknya, mereka menyekolahkan anaknya mulai dari taman kanak-kanak dan meneruskannya ke sekolah dasar meski terkendala dengan jarak. Pada masa usia emas dan rentan perlu kontribusi orang tua dalam membimbing anaknya karena dalam lingkungan keluargalah yang mereka kenal lebih dulu sehingga pembentukan karakter mereka dapatkan. Setelah itu mereka siap menerima pelajaran di sekolah dengan jenjang yang semakin tinggi.
Pendidikan sangat penting diberikan bukan hanya dari lingkungan keluarga dan sekolah namun dari lingkungan sehari-hari yang anak itu kenali. Jika lingkungan keluarga lebih dominan maka alangkah lebih baik perhatian orang tua lebih banyak kepada anaknya dari pada pekerjaannya. Karena terdapat kemungkinan orang tua yang sibuk dan kurang memperhatikan kegiatan yang dilakukan anaknya membuat anak tersebut tidak terdidik sedangkan anak yang mendapatkan perhatian lebih kemungkinan besar akan menjadi orang sukses. Seperti kata filsafat yunani Aristotle “pendidikan merupakan hiasan kemakmuran serta tempat perlindungan dalam kesulitan”.
  (SDN Sobih 1)
Terdapat juga peribahasa yang mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri china, hal ini mengajarkan agar menuntut ilmu sejauh apapun ilmu itu berada baik jauh lokasi hingga jauh jenjangnya. Tidak ada ruginya menuntut ilmu karena setiap ilmu yang diperoleh pasti membawa manfaat, karena menurut kami (KKN 104 2018) rezeki mengikuti ilmu bukan ilmu yang mengikuti rezeki. Maka dari itu utamakan pendidikan untuk membentuk karakter.

google+

linkedin