Selasa, 24 Juli 2018

Letak Geografis Desa Sobih

Post oleh : KKN104 | Rilis : Juli 24, 2018 | Series :


Sobih adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan, Jawa Timur Indonesia dengan luas 188,659 Ha atau 4,1 km2 , 12m diatas permukaan laut.  Jarak tempuh untuk menuju ke Kecamatan Burneh sekitar 5 km atau 25 menit perjalanan dari desa Sobih. Sedangkan jarak tempuh dari pusat desa ke kota kabupaten kurang lebih 12 km atau sekitar 55 menit perjalanan. Jarak ke ibu kota provinsi sekitar 50 km atau 2 jam perjalanan.
Desa Sobih memiliki 5 dusun yaitu dusun Karengan, dusun Madelan, dusun Durinan, dusun Sapen dan dusun Glugur.
1.    Batas-batas Desa
Desa Sobih berbatasan dengan beberapa desa yaitu :
a.       Sebelah Utara              : Desa Pangolangan Kecamatan Burneh
b.      Sebelah Timur             : Desa Panangkah Kecamatan Burneh
c.       Sebelah Selatan           : Desa Tonjung Kecamatan Burneh
d.      Sebelah Barat              : Desa Kapur Kecamatan Burneh
2.    Kependudukan
Penduduk yang Desa Sobih berpenduduk 11.820 Kepala Keluarga atau 61.898 jiwa, yang mana 30.818 laki-laki dan 31.080 perempuan. Mata Pencaharian Penduduk di Desa Sobih pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak, namun ada juga yang sebagai pengusaha, tukang jahit, tukang ojek, wirausaha, pekerja kantoran, tukang las, tukang cukur, tukang reparasi sepeda motor, tukang tambal ban dan tukang pijat.
Penduduk desa Sobih juga ada yang memelihara ternak di pekarangan rumahnya, ternak tersebut berupa ternak bebek. Masyarakat desa Sobih memanfaatkan ternak bebek dari telur dan juga dagingnya. Untuk menambah penghasilan perkapita, masyarakat desa Sobih biasanya menjual secara langsung bebek dan telurnya, akan tetapi juga ada yang mengolahnya menjadi telur asin, dan soto bebek.
Dilihat dari bidang pendidikan, penduduk desa Sobih dapat dikategorikan sudah cukup maju, karena prasarana pendidikan sudah ada seperti TK, SD dan SMP yang jumlahnya cukup dirasakan oleh seluruh masyarakat desa Sobih.
Dari segi Agama dan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, penduduk desa Sobih dapat dikatakan hampir 100% memeluk agama Islam.
3.    Potensi Desa
a.       Potensi Alam
Kesuburan tanah cukup baik yang membuat Desa Sobih mempunyai potensi dibidang pertanian dan perkebunan. Sampai saat ini di desa Sobih dapaat ditanam berbagai tanaman pertanian dan perkebunan seperti : Mangga, Rambutan, Durian, Jeruk Bali, Padi, Ubi jalar, Ketela pohon, Nangka, Kacang, Jagung, Pisang dan lain-lain. Ini sangat menunjang penghasilan masyarakat, bila diimbangi dengan pengelolaan yang menerapkan pola Panca Usaha Tani, akan dapat meningkatkan hasil produksi sehingga pendapatan perkapita masyarakat akan bertambah atau naik.
b.      Potensi Peternakan
Dilihat dari alamnya sebenarnya Desa Sobih mempunyai potensi untuk mengembangkan ternak cukup tersedia, disisi lain desa Sobih juga sangat cocok untuk daerah pertanian dan perkebunan. Banyak masyarakat Desa Sobih yang memanfaatkan lahan belakang rumahnya untuk berternak hewan diantaranya bebek, ayam, ayam petelur, sapi, kerbau, dan kambing.


google+

linkedin