Senin, 23 Juli 2018

Kerja sama, sama kerjanya itulah kerja bakti...

Post oleh : KKN104 | Rilis : Juli 23, 2018 | Series :


Sebuah tradisi yang hampir terlupakan oleh masyarakat ialah bersosialisasi melalui kegiatan kerja bakti. Kegiatan sederhana saat waktu luang atau waktu istirahat dari pekerjaan masing-masing. Kerja bakti biasanya melakukan bersih-bersih lingkungan sekitar seperti jalan, selokan, masjid, dan tempat umum lainnya. Di desa Sobih kampung Karengan KKN tematik UTM 104 2018 bekerja sama dengan karang taruna dan warga sekitar melaksanakan kerja bakti pada hari minggu 22 juli 2018 mulai pagi hari sampai pukul 11 siang.

Kerja bakti dilakukan secara suka rela oleh warga sekitar, bapak-bapak membersihkan ranting-ranting pohon yang menghalangi jalan, mahasiswa KKN 104 membantu warga membersihkan selokan dan jalanan, sedangkan ibu-ibu menyiapkan konsumsi untuk para warga yang melakukan kerja bakti. Ibu-ibu menyediakan teh hangat, es teh dan roti. Hal ini membuat para warga semakin semangat dan berstamina melaksanakan kerja bakti.

Selain menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian akan lingkungan sekitar, maksud dari kerja bakti sendiri adalah menyatukan warga terutama yang jarang bertemu dan bersosialisai. Kerja bakti dapat menghapus kesenjangan sosial antara si miskin dan si kaya karena semua warga yang melakukan kerja bakti bekerja sama rata dan suka rela ibarat berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Semakin banyak warga yang membantu semakin cepat dan ringan pekerjaan yang dilakukan. Semakin erat pula tali persaudaraan antar warga kampung Karengan.


google+

linkedin