Sabtu, 28 Juli 2018

Sejarah Desa Sobih

Post oleh : KKN104 | Rilis : Juli 28, 2018 | Series :



            Desa Sobih adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Burneh, Bangkalan. Tidak banyak orang yang mengetahui asal usul nama “Desa Sobih”. Secara singkatnya desa Sobih berasal dari kata ubi atau telo, yang ceritanya dahulu ada orang yang menemukan ubi yang berukuran sangat besar. Jika diibaratkan ubi yang ditemukan berukuran sebesar kerbau. Dengan ditemukannya ubi tersebut orang-orang menyebutnya dengan desa Sobih. Legenda tersebut berkesinambungan dengan lahan para petani hingga saat ini, jika saat musim kemarau para petani akan mulai menanami lahan mereka dengan ubi. Hampir seluruh petani memanfaatkan lahan mereka dengan bercocok tanam ubi.


            Terdapat lima dusun (kampung) di Desa Sobih. Yang pertama dusun Mandelan, kedua dusun Karengan, selanjutnya dusun Glugur, dusun Durinan, dan yang terakhir dusun Sapen. Setiap dusun memiliki sejarah masing-masing. Dusun Mandelan berasal dari kata andalan. Dahulu orang-orang setempat dapat menjadi andalan saat berperang. Sedangkan dusun Sapen memiliki legenda karena adanya pohon serapen/aren. Terdapat banyak wanita bekerja menumbuk pohon serapen/aren, sehingga dusun tersebut dikenal dengan sebutan dusun Sapen.



            Desa Sobih terkenal kekeramatannya se-Madura, dari zaman dahulu tidak ada kuda yang bisa masuk hidup-hidup di desa Sobih karena setiap terdapat kuda masuk ke desa Sobih kuda tersebut mati.  Semua hal yang berbahan dasar kuda akan ada efek yang terjadi, hal yang pernah terjadi yaitu terdapat seorang bapak-bapak menggunakan sepatu kulit kuda yang ia beli dari surabaya. Saat memakai sepatu tersebut awalnya tidak ada efek apapun namun setelah memasuki desa Sobih, kaki bapak tersebut terasa kesemutan hingga bengkak. Segala obat sudah diminum oleh bapak tersebut namun setiap kali memakai sepatu kulit kuda kaki beliau sakit lagi, dan saat dilepas kaki bapak tersebut sehat kembali seperti tidak pernah merasakan sakit. Gantungan kunci dari ekor kuda, sabuk dari kulit kuda juga memiliki efek yang serupa. Semua hal yang berbahan dasar kuda akan mendapati kesialan. Begitulah kekeramatan desa Sobih yang terkenal se-Madura.



google+

linkedin