Sabtu, 04 Agustus 2018

Si manis dari Desa Sobih

Post oleh : KKN104 | Rilis : Agustus 04, 2018 | Series :


            Madura dikenal dengan beberapa makanan yang menggoda di setiap lidah pecinta kuliner. Mengenai kuliner yang ada di Madura terdiri dari berbagai olahan dari olahan perternakan dan olahan dari pertanian. Seperti bebek sinjay, sate ayam, nasi serpang, campor lorjhu’ dan lain sebagainya yang pastinya menggoda lidah pecinta kuliner.
            Desa Sobih, yang tepatnya ada di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Sobih yang merupakan daerah terkenal akan kulinernya yaitu Tajin. Tajin adalah makanan sejenis bubur yang terbuat dari beras ketan, tepung beras, santan dan mutiara. Tajin Sobih yang berisi tiga jenis bubur yang ada di dalamnya yakni bubur putih, bubur mutiara, bubur srintil, santan dan di cucuri dengan gula merah yang kental.




            Tajin Sobih yang diproduksi dari kampung Mandelan yang terletak di sebelah selatan di Desa Sobih. Kemudian Ibu Katik yang merupakan salah satu pembuat Tajin Sobih yang berada di Kampung Mandelan. Ibu Katik sudah menjadi pembuat Tajin Sobih sejak masih remaja, dan beliau menjalankan usaha jualan Tajin Sobih ini sudah dalam keturunan ketiga dari neneknya ibunya dan sekarang ibu Katik. Kampung Mandelan yang terpecah menjadi dua desa yakni Desa Sobih dan Desa Tonjung. Meskipun sekarang Tajin Sobih paling banyak diproduksi oleh warga Kampung Mandelan yang dari Desa Tonjung, yang bisa dikatakan pembuat Tajin Sobih 25% dari Desa Sobih dan 75% dari Desa Tonjung. Tetapi tetap saja Tajin tersebut sampai sekarang dikenal dengan Tajin Sobih meskipun mayoritas pembuat Tajin tersebut paling banyak dari Kampung Mandelan yang dari Desa Tonjung.
            Untuk mengenai nama Tajin yang selanjutnya disebut Tajin Sobih ini karena asal muasal pembuat Tajin dari Sobih dan nama tersebut ditetapkan oleh Klebun Sobih (Kepala Desa Sobih) ditetapkan menjadi nama Tajin Sobih. Jadi sampai sekarang dikenal dengan nama Tajin Sobih. Dan Tajin Sobih menjadi salah satu kuliner yang terkenal di Pulau Madura.

            
Selain tentang Tajin Sobih juga ada jajanan yang manis dan menggoda lidah para pecinta kuliner yaitu jajanan kue Lopes. Lopes yang terbuat dari beras ketan dan dibungkus daun pisang yang berbentuk segitiga ataupun lingkaran yang kemudian disajikan dengan siraman gula merah kental dan di taburi parutan kelapa.

            Desa Sobih yang terkenal dengan Tajin Sobih dan Lopes ini merupakan salah satu makanan yang diminati dan dicari oleh masyarakat khususnya Madura karena merupakan makanan yang mempunyai ciri khas tersendiri dari asal daerahnya. Sebab itu makanan ini merupakan makanan ciri khas turun temurun yang wajib dilestarikan, dikembangkan khususnya masyarakat Sobih tersendiri.

google+

linkedin